Tuesday 10 January 2012

cobalah baca (tratar de leer)

~ Jika jiwa sudah bagus, maka fajar akan tampak seperti kolam, malam      tampak seperti pesta besar , semua orang  tampak seperti kekasih, dan gubuk tan[ak seperti istana yang terjaga rapi
~ Dunia adalah perlindung diri. Masa muda adalah kesehatan. Harga diri adalah kesabaran. Kebaikan adalah takwa dan setatus adalah harta.
~ orang yang berpuasa akan menjadi baik makannya. Yang bangun malam akan teratur  tidurnya, yang baik hati akan banyak mendapat pujian, dan yang mulia akan banyak pendengkinya.
~ orang yang paling sengsara adalah orang yang ingin menjadi orang lain, orang yang tidak menerima takdir, orang yang tidak menerima rezeki yang dia dapatkan, dan orang perangainya buruk.
~ rezeki anda lebih mengetahui dimana anda berada daripada diri anda. Rezeki anda akan selalu mengiringi anda tak ubahnya bayang-banyang. Dan, anda tidak akan mati sampai sekuruh rezeki anda diberikan.
~ Orang yang bodoh adalah orang yang butuh orang lain untuk mencelanya. Orang yang fakir adalah orang yang menganggap sedikit terhadap sesuatu yang banyak. Dan, orang  yang buta adalah orang yang tidak bisa melihat cela dirinya.
~  kesenangan itu hanya akan didapatkan melalui susah payah. Ketenangan hanya didapatkan  melalui kerja keras, dan cinta hanya akan didapatkan dengan sopan santun.
~ anak lebih berharga dari kekayaan. Akhlak lebih agung daripada kedudukan. Semangat lebih tinggi daripada pengalaman. Sedangkan takwa lebih mulia daripada kemuliaan.
~ senyum adalah kunci kebahagian. Cinta pintunya. Kegembiraan adalah taman bunganya. Iman adalah cahayanya. Dan, keamanan adalah temboknya.
~empat pekara yang mendatangkan kebahagiaan: buku yang bermanfaat, anak yang baik, istri yang disayangi, teman bergaul yang salih. Dan Allah memiliki ganti untuk semua itu.
~ Tanda kebodohan itu adalah membuang-buang waktu, menunda-   nunda taubat, menggantung kepada orang lain, durhaka kepada orang tua, dan menyebarkan rahasia orang lain.
~ Jika anda tidak bisa menikmati kebahagiaan dengan waktu yang ada, maka jangan menunggu kebahagiaan yang akan menghampiri anda dan turun dari langit.
~ Ubahlah kekerugian-kerugian itu menjadai keuntungan-keuntungan. Buatlah minuman yang manis dari buah lemon. Tambahkan kedalam air musibah itu gula sepenuh telapak tangan. Dan, beradap tasilah dengan keadaan anda.
~ ketahuilah, bahwa kesulitan itu akan membuka pendengaran dan penglihatan, menghidupkan hati, mendewasakan jiwa, mengingatkan,hamba dan menambahkan pahala.
~ Jangan terpengaruh dengan perkataan jelek dan ungkapan keji yang dikatakan tetang diri anda, karena itu akan menyakiti orang yang mengatakanya, dan bukan diri anda sendiri.
~ Carilah rezeki yang halal, jauilah rezeki yang haram. Hindarkanlah dirimiu dari meminta-minta kepada yang lain. Berdagang itu lebih baik daripada menjadi pegawai. Gunakan uang mu untuk berdagang, dan hiduplah dengan sederhana.
~ Jangan mudah marah, sebab marah hanya akan merusak kedaan jiwa, mengubah perilaku, memperburuk pergaulan, merusak cinta, dan memutuskan silaturahmi.
~ Biasakan untuk mengeluarkan sedekah meski hanya sedikit, karena sedekah akan memadamkan api kesalahan, menggembirakan hati, menghilangkan keresahan, dan akan menambah rezeki.
~ kunjungilah rumah sakit agar andab bisa merasakan bagaimana nikmatnya sehat, datanglah kepenjara agar anda bisa mersakan bagaimana nikmatnya kemerdekaan, datanglah kerumah sakit jiwa agar anda menyadari bagaimana nikmatnya akal, sebab jika anda tidak pernah mengunjungi tempat-tempat seperti itu secara langsung maka anda akan senangtiasa berada dalam nikmat tapi tidak pernah menyadarinya.
~ Jangan mau menjadi kepala, sebab kepala sering merasa sakit. Jangan berambisi untuk manjadi terkenal, sebab untuk terkenal dikenakan pajak, dan mersa cukup dengan tanpa nama adalah sebuah kebahagian.
~ Tidak ada kehidupan bagi orang berjiwa pemarah. Tidak ada ketenangan bagi  pencari musuh. Tidak ada rasa aman bagi para pendosa. Tidak ada yang mencintai bagi pelaku kemaksiatan. Tidak ada pujian atas pembohong. Dan, tidak ada kepercayaan terhadap perusak janji.
~ Teman minum adalah pena, kolam renang adalah tinta, sahabat anda adalah buku, rumah anda adalah istana , dan harta kekayaan anda adalah kekuatan dalam diri anda. Karena itu, tidak usah bersedih dengan sesuatu yang telah berlalau.
~ Keritikan orang lain terhadap diri anda memiiki makna bahwa anda telah melakukan sesuatu yang pantas untuk dikatakan. Juga, menunjukan bahwa anda telah melampaui mereka dalam ilmu pengetahuan,pemahaman,harta, kedudukan, dan kehormatan.
~ Ucapan orang yang berterimakasih atas kebaikan anda jauh lebih indah daripada kicauan burung, tetesan embun pagi, gemeresik pepohonan, dan petiakan gitar.
~ Jauilah kesedihan, sebab kesedihan adalah racun. Jauilah sikap lemah, karena sikap lemah adalah kematian, jauilah kemalasan, karena kemalasan adalah kegagalan. Dan jauilah pendapat yang tidak lurus, karena pendapat seperti itu adalah manajemen yang buruk.
~ Sebelum tirdur, maafkan seluruh manusia, cuci hati dengan pemaafan sebanyak tujuh kali, dan untuk kedelapan kalinya lumurilah dengan ampunan, niscaya anda akan mendapatkan manisnya iman.
~ Carilah bagian anda dalam diam. Sebab orang diam selalu disegani. Orang yang tidak banyak bicara akan selalu dicintai,sedang bencana salalu lahir dari ucapan.
~ Jika jiwa sudah bagus, maka fajar akan tanpak  seperti kolam,  malam tampak seperti pesta besar, semua orang tempak seperti kekasaih, dan gubuk tampak seperti istana yang terjaga rapi.
~ Dunia adalah pelindungan diri. Masa muda adalah kesehatan. Harga diri adalah kesabaran. Kebaikan adalah takwa,dan setatus adalah harta.
~ Kehidupan ini adalah kesempatan yang hanya bisa dirasakan setelah kita kehilangan. Sedanglan kesehatan itu adalah mahkota yang besemayam diatas kepala orang-oang yang sehat, hanya bisa dilihat orang-orang yang sakit.
~ Rakus adalah kerandahan. Tamak adalah kehinaan. Kikir adalah kerendahan. Rasa sungkan adalah kegagalan.dan, lalai adalah penghalang;
~ Jadilah seperti semut dalam ketekunannya. Dia merambat naik kebatang pohon hingga rausan kali, dan jatuh sebayak jumlah yang sama.tapai dia terus naik kembali hingga akhirnya sampai pada tujuan yang dinginkannya.
~ Jadilah seperti lebah, menyantap makanan yang baik, dan mengeluarkan sesuatu yang baik pula. Dan, jika dia hinggap diatas dahan dia tidak merusaknya, atau diatas bunga dia tidak mengoyak-ngoyaknya.
~ Bisa saja apa yang Allah cegah atas anda itu sebuah karuia. Dan, ketidaksanggupan anda untuk mencapai apa yang anda inginkan adalah sebuah kebaikan, keterlambatan anda dari apa yang anda inginkan adalah inayah dari Allah. Sebab Allah lebih tahu daripada anda sendiri.
~ Masjid adalah pasar akhirat. Buku adalah sahabat umur manusia. Amal perbuatan adalah teman didalam kubur . akhlak yang baik adalah mahkota kemuliaan. Dan, baik hati adalah pakaian yang paling indah.
~ Batu cadas jauh lebuh kokoh dari pohon, besi lebih kuat dari pada batu cadas, api lebih kuat daripada besi, angin lebih kuat dari pada api, dan iman lebih kuat dari pada angin yang bertiup
~ Orang yang paling banyak merenung adalah orang yang paling banyak memaafkan sesama, karena dia mendasarkan sikap dan ucapannya dengan cara yang paling santun. Orang seperti itulah yang akan memberikan ketenangan kepada dirinya dan orang lain.

    

No comments:

Post a Comment